Selasa, 17 Januari 2012

FORMULA DAN FUNGSI DALAM MICROSOFT EXCEL


MICROSOFT EXCEL merupakan program yang dirancang untuk melakukan berbagai jenis operasi perhitungan. Perhitungan dalam program ini selalu menggunakan operator perhitungan dan data-data yang dihitung.
1.Jenis Operator
MICROSOFT EXCEL mempunyai empat jenis operator, yaitu Operator Aritmetika, Operator Perbandingan, dan Penggabungan Teks.
a.Operator Aritmetika
Operator Aritmetika berfungsi untuk membuat operasi dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase, eksponensial, dan penggabungan bilangan.
SIMBOL OPERATOR
OPERATOR
+
Penjumlahan
-
Pengurangan
:
Pembagian
*
Perkalian
%
Persentase
^
Eksponensial
$
Penggabungan

b.Operator Perbandingan (Logika)
Operator Perbandingan berfungsi untuk membandingan dua buah nilai yang menghasilkan nilai logika True or False. Perbandingan menghasilkan nilai logika True apabila perbandingan Benar dan menghasilkan nilai logika False apabila perbandingan dinilai Salah. Jika anda ingin menggunakan operasi logika, biasanya diperlukan adanya ekspresi dan pernyataan logika. Operator perbandingan meliputi seperti pada tabel berikut:
SIMBOL OPERATOR
TIPE PERBANDINGAN
=
Sama dengan
Kurang dari
Lebih dari
<=
Kurang dari atau sama dengan
>=
Lebih dari atau sama dengan
<> 
Tidak sama dengan

Contoh: 1=2 menghasilkan salah, 2>1 menghasilkan benar, 3=3 menghasilkan benar, 3<>3 menghasilkan salah.
Contoh: ketik atau isilah sel B3 dengan angka 125 dan sel C3 dengan angka 250. Selanjutnya isi sel D3 dengan ekspresi atau pernyataan logika berikut ini: =C3>B3
Dengan ekspresi logika ini, maka Excel akan menampilkan tulisan TRUE apabila pernyataan itu BENAR. Dan akan menampilkan tulisan FALSE apabila pernyataan itu salah.
Anda juga dapat menggabungkan dua atau lebih ekspresi logika menggunakan operator AND atau OR. Untuk penulisan operator logika AND mempunyai bentuk sebagai berikut:
AND(Ekspresi Logika-1, Ekspresi Logika-2,...)
Suatu ekspresi yang menggabungkan dua atau lebih ekspresi logika dengan Operator AND akan dianggap benar, bila semua ekspresi logika yang digabungkannya benar.
Contoh: anda dapat mengetik data 1 di sel B5 dengan 1250 dan data 2 di sel C5 dengan 20%, Dan data 1 di sel B6 dengan 1250 dan data 2 di sel C6 dengan 12%, dan rumus yang dapat digunakan di sel D5 adalah
=AND(B5>1000,C5>15%) maka yang akan muncul di sel D5 adalah tulisan TRUE, dan setelah di copy maka di sel D6 akan muncul tulisan FALSE.
Sedangkan untuk penulisan Operator Logika OR mempunyai bentuk sebagai berikut:
=OR(Ekspresi Logika-1, Ekspresi Logika-2..)
Suatu ekspresi yang menggabungkan dua atau lebih ekspresi logika dengan operator OR akan dianggap benar bila setidaknya salah satu ekspresi logika yang digabungkannya benar.
Contoh: anda dapat mengetik data 1 di sel B5 dengan 1250 dan data 2 di sel C5 dengan 20%, dan data di sel B6 dengan 1250 dan data 2 di sel C6 dengan 12%, dan rumus yang dapat digunakan di sel D5 adalah
=OR(B5>1000,C5>15%) maka yang akan muncul di sel D5 adalah tulisan TRUE, dan setelah di copy maka di sel D6 akan muncul tulisan TRUE.
 c.Operator Acuan
Operator Acuan berfungsi menggabungkan selang sel yang digunakan dalam perhitungan. Operator Acuan yang digunakan terlihat dalam tabel:
SIMBOL OPERATOR
PENJELASAN
Titik Dua ( : )
Operator jangkauan yang berfungsi untuk menghasilkan satu acuan daari dua acuan meskipun dari sel yang berbeda
Koma ( , )
Operator penyatuan yang berfungsi untuk menggabungkan banyak acuan menjadi satu acuan
Spasi (  )
Operator perpotongan yang berfungsi untuk mengacu kepada sel yang menjadi perpotongan di antara dua acuan

Contohnya: B5:B2, SUM(B4:B10,D4:D10), (A5:B5 C4:D4)
d.Operator Penggabungan Teks
Operator penggabungan teks berfungsi untuk menggbungkan dua kata yang bertipe string ( teks ). Operator penggabungan teks menggunakan simbol Ampersand (&).
Contoh:  Penggabungan dua teks dari kolom A2 dengan teks di kolom B2, digunakan rumus: =A2&B2. Dan juga bila anda ingin menggabungkan teks yang terdapat di kolom A3 dan kolom B3, maka rumus yang digunakan adalah =A3&B3.
Begitupun juga untuk yang selanjutnya.. namun setelah melihat hasil dari penggabungan teks ini akan terlihat belum adanya spasi antara kolom A dan kolom B yang telah digabung di kolom C. Maka Jika anda ingin ada jarak spasi antara gabungan kolom A dan B di kolom C ini juga dapat menggunakan rumus: =A2”  “&B2.

Senin, 16 Januari 2012

MENGGUNKAAN RUMUS VLOOKUP DAN HLOOKUP PADA EXCEL

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu.
Jika tabel tersusun secara vertikal, kita menggunakan fungsi VLOOKUP.
Table Excel 2007 - VLOOKUP
Dan, jika tabel tersusun secara horizontal, maka kita menggunakan fungsi HLOOKUP.
Table Excel 2007 - HLOOKUP


Cara Penulisan:


=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Dimana:
  • lookup_value: nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data.
  • table_array: tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari.
  • col_index_num: nomor kolom yang ingin diambil nilainya untuk fungsi VLOOKUP.
  • row_index_num: nomor baris yang ingin diambil nilainya untuk fungsi HLOOKUP.
  • range_lookup: Nilai logika TRUE atau FALSE, dimana Anda ingin fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP mengembalikan nilai dengan metode kira-kira (TRUE) atau mengembalikan nilai secara tepat (FALSE). Lebih detilnya dapat dibaca di sini.

Contoh VLOOKUP:

Table 2 Excel 2007 - VLOOKUP
=VLOOKUP(1002,$A$2:$C$4,3,FALSE) akan menghasilkan 68

=VLOOKUP(1003,$A$2:$C$4,2,FALSE) akan menghasilkan GHI

=B10*VLOOKUP(C10,$A$2:$C$4,3,FALSE) akan menghasilkan 340

=B11*VLOOKUP(C11,$A$2:$C$4,3,FALSE) akan menghasilkan 320

=B12*VLOOKUP(C12,$A$2:$C$4,3,FALSE) akan menghasilkan 544

Contoh HLOOKUP:

Table Excel 2007 - HLOOKUP
=HLOOKUP(B1,$B$1:$D$3,2,FALSE) akan menghasilkan XYZ

=HLOOKUP(B1,$B$1:$D$3,3,FALSE) akan menghasilkan 33


Sumber lain tentang cara penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP dapat diperoleh di sini:
 

MICROSOFT PUBLISHER

Microsoft Publisher merupakan salah satu dari keluarga Microsoft Office, ya mungkin masih kakak ma Ms. Word, Ms. Excel, dan lain-lain. Manfaat dari Ms ini untuk membuat undangan, kartu nama, sertifikat, banner, kalender, dan masih banyak lainnya. Tidaklah sulit menjalankan aplikasi ini karena tools didalamnya hampir dengan Ms office yang lain.


Microsft Publiser

1. Tuliskan program-program yang dapat digunakan untuk membuat desain website
2. Jelaskan keunggulan dari (a) Front Page (b) Microsoft Publisher ?
3. Tuliskan prosedure untuk menjalankan Microsoft Publisher ?
Jawaban :
1. Software Desain : Membuat desain layout homepage, sebagai awal dalam membuat web biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara dan variasinya.
Program yang digunakan :
*Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )
*CorelDraw : Desain berbasis vector (garis)
*Macromedia Firework : Design & terjemahkan/optimalkan bitmap dalam bentuk web
*Adobe Image Ready : Memotong image dalam format html
*Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
*Macromedia Freehand : Desain berbasis vector
Software Efek Desain : Berguna untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang.
*Painter : Memberikan efek lukisan
*Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
*Plugins Photoshop : Memberi efek desain saat mendesain layout homepage di Photoshop.
Software Animasi : Menambahkan animasi agar kelihatan lebih menarik dan hidup.
*3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
*Gif Construction Set : Membuat animasi file gif
*Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
*Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
*Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
*Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
*Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.
Software Capture : Untuk mengambil sebagian gambar dr image lain
*Snagit : Untuk capture dan juga bisa edit hasilnya.
Software Web Editor : Istilah lainnya adalah CMS (Content Management System), Menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan bahasa script.
*Macromedia Dreamweaver : Editor yg umum dipakai dgn berbagai fasilatas visual tuk kemudahannya.
*Microsoft Frontpage : Editor lama, sebelum mengenal dreamweaver bawaan microsoft.
*Joomla : CMS free, dipakai tuk web / blog yg sering update berita.
*WordPress : seperti joomla hanya tidak selengkap joomla tp lebih mudah pemakaiannya.
Software Upload : File html diletakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang dapat melihat homepage di internet.
• FileZilla FTP : free FTP dan banyak dipakai para bloger
• Cute FTP : FTP yg gw pake cos lebih familiar
• Macromedia Dreamweaver : Fasilitas Site FTP
• Microsoft Frontpage : Fasilitas Publish
Sound Editor : Buat yg berjiwa music bisa menhidupkan web/blog dengan software ini. Tools tuk manipulasi file midi atau wav.
o Sound Forge : Manipulasi efek file yang berformat mp3 dan wav.
o Cakewalk : Manipulasi efek untuk file yang berformat midi
Browser : Untuk menampilkan hasil web / blog dalam local computer atau dunia maya luar.
• Internet Explorer : Web browsing standar bawaan Microsoft
• Mozilla FireFox : Browser terbaik yg popular
• Opera : Browser yang memiliki segudang fitur
• Netscape : Browser yang memiliki pengaman terhadap virus dan spyware
2. Keunggulan FrontPage adalah mudah penggunaanya, memiliki tampilan yang mirip Microsoft Word. Bila terbiasa menggunakan Micrososft Word, tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menggunakan program ini.
Keunggulan utama dari Microsoft Publisher adalah sangat mudah digunakan dan membantu kita membuat website dalam waktu singkat. Beberapa keunggulan lainnya yang terdapat pada Microsoft Publisher adalah :
• Tidak memerlukan pengalaman dan keahliah pemrogaman HTML dan program web lainnya.
• Drag and drop the objek dengan tampilan layout dan desain berbasis WYSIWYG (What You See Is What You Get).
• Dapat membuat website terdiri dari beberapa pages (halaman) dan mudah mengaturnya sewaktu-waktu.
• Dapat digunakan untuk membuat website dalam jumlah tidak terbatas.
• Memiliki template yang dapat digunakan untuk membuat web secara instan.
• Dapat menggunakan CSS style sheet untuk mengatur tampilan website.
• Memiliki banyak fungsi : thumbnail, mouse-over effects, ready-to-use java script effects, text link style sheet, tables, forms, iFrames dan lain-lain.
• Website yang kita buat dapat diupload sewaktu-waktu dengan fungsi Publisher.
• Website yang dibuat kompatibel pada berbagai web browser.
3. Langkah – langkah mengaktifkan Microsoft Publiser:
Sebelum mengaktifkan Microsoft Publisher, Installah terlebih dahulu software Microsoft Publisher ke komputer. Setelah itu, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Publisher dengan langkah-langkah sebagai berikut.
• Klik menu Start
• Arahkan pointer mouse pada All Programs
• Arahkan pointer mouse pada Microsoft Publisher
• Klik Microsoft Publisher
Langkah – langkah pembuatan Web di
Microsoft Publisher
Langkah pembuatan Microsoft Publisher secara Automatic / Instan :
1. Klik Tool Web Sites and E-mail pada Site Panel New From Design
2. Pilih Product Sales
3. Pilih tampilan Webdesign yang ada di Work Window
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dimana Microsoft Publisher telah membuatkan kepada kita halaman – halaman internet ( webpage ) hingga berjumlah 10 ( sepuluh ) buah. Halaman – halam tersebut terdiri dari :
1. Level Utama ( Index / Home ) – Halaman 1
2. Level Pendukung Utama - Halaman 2, 3
3. Level Kedua ( product list ) - Halaman 4
4. Level Ketiga ( product detail ) – Halaman 5 – 10
Halaman – halaman tersebut dapat kita rubah / edit sesuai dengan konsep produk yang sudah kita buat, walaupun Microsoft Publisher telah menyediakan konsep web standar berupa materi dan gambar gambar produk yang cukup relevan, namun semua itu bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita.

Sabtu, 14 Januari 2012

Internet, “Aplikasi dan Kegunaannya”

Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. Di bagian ini, kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet.
WWW (World Wide Web)
Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai “web” saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan web dengan internet. Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).
Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser. Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara meluas, contohnya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun Opera, namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya digunakan di lingkungan yang terbatas.
Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman kehalaman lainnya,dan “berkelana” dari satuserver ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).
Electronic Mail/Email/Messaging
Email atau kalau dalam istilah Indonesia, surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.
Layanan email biasanya dikelompokkan dalam dua basis, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas per-emailan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet), dengan demikian, biaya koneksi ke internet dapat dihemat. Koneksi hanya diperlukan untuk melakukan pengiriman (send) atau menerima (recieve) email dari mailbox.
Sebaliknya, bagi pengguna email berbasis web, seluruh kegiatan per-emailan harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Alamat email dari ISP (Internet Service Provider) umumnya berbasis client, sedangkan email berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis seperti Hotmail (www.hotmail.com) atau YahooMail (mail.yahoo.com)
Beberapa pengguna email dapat membentuk kelompok tersendiri yang diwakili oleh sebuah alamat email. Setiap email yang ditujukan ke alamat email kelompok akan secara otomatis diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Kelompok semacam ini disebut sebagai milis (mailing list). Sebuah milis didirikan atas dasar kesamaan minat atau kepentingan dan biasanya dimanfaatkan untuk keperluan diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Saat ini, salah satu server milis yang cukup banyak digunakan adalah Yahoogroups (www.yahoogroups.com).
Pada mulanya sistem email hanya dapat digunakan untuk mengirim informasi dalam bentuk teks standar (dikenal sebagai ASCII, American Standard Code for Information Interchange). Saat itu sukar untuk mengirimkan data yang berupa berkas non-teks (dikenal sebagai file binary). Cara yang umum dilakukan kala itu adalah dengan menggunakan program uuencode untuk mengubah berkas binarytersebut menjadi berkas
ASCII, kemudian baru dikirimkan melalui e-mail. Di tempat tujuan, proses sebaliknya dilakukan. Berkas ASCII tersebut diubah kembali ke berkas binary dengan menggunakan program uude code. Cara ini tentunya terlalu kompleks karena tidak terintegrasi dengan sistem email.
Belakangandikembangkan standar baruyang disebut MIME(Multipurpose Internet Mail Extensions). Standar ini diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas dengan melalui attachment (lampiran). MIME juga memungkinkan sebuah pesan dikirimkan dalam berbagai variasi jenis huruf, warna, maupun elemen grafis. Walaupun nampak menarik,penggunaan MIME akan membengkakkanukuranpesan emailyang dikirimkan. Hal ini jelas akan memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk mengirim maupun menerima pesan. Dalam hal ini, ada anjuran agar sedapat mungkin menggunakan format teks standar dalam penyuntingan email. Gunakan MIME hanya untuk pesan-pesan tertentu yang memang membutuhkan tampilan yang lebih kompleks.
File Transfer
Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP)  FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.
Secara teknis, aplikasi FTP disebut sebagai FTP client, dan yang populer digunakan saat ini antara lain adalah Cute FTP dan WS_FTP, Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Modus ini memungkinkan pengguna untuk melakukan baik proses upload maupun proses download. Tidak semua semua server FTP dapat diakses dalam modus active. Untuk mencegah penyalahgunaan–yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP–maka pengguna FTP untuk modus active harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP. Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server. Untuk modus passive, selama memang tidak ada restriksi dari pengelola server, umumnya dapat dilakukan oleh semua pengguna dengan modus anonymous login(log in secara anonim). Kegiatan mendownload software dari Internet misalnya, juga dapat digolongkan sebagai passive FTP.
Remote Login
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia dapat melakukan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di remote host.
Protokol yang umum digunakan untuk keperluan remote login adalah Telnet (Telecommunications Network). Telnet dikembangkan sebagai suatu metode yang memungkinkan sebuah terminal mengakses resource milik terminal lainnya (termasuk hard disk dan program-program yang terinstall didalamnya) dengan cara membangun link melalui saluran komunikasi yang ada, seperti modem atau network adapter. Dalam halini, protokol Telnet harus mampu menjembatani perbedaan antar terminal,seperti tipe komputer maupun sistem operasi yang digunakan.
Aplikasi Telnet umumnya digunakan oleh pengguna teknis di internet. Dengan memanfaatkan Telnet, seorang administrator sistem dapat terus memegang kendali atas sistem yang ia operasikan tanpa harus mengakses sistem secara fisik, bahkan tanpa terkendala oleh batasan geografis.
Namun demikian, penggunaan remote login, khususnya Telnet, sebenarnya mengandung resiko, terutama dari tangan-tangan jahil yang banyak berkeliaran di internet. Dengan memonitor lalu lintas data dari penggunaan Telnet, para cracker dapat memperoleh banyak informasi dari sebuah host, dan bahkan mencuri data-data penting sepert login name dan password untuk mengakses ke sebuah host. Kalau sudah begini, mudah saja bagi mereka-mereka ini untuk mengambil alih sebuah host. Untuk memperkecil resiko ini, maka telah dikembangkan protokol SSH (secure shell) untuk menggantikan Telnet dalam melakukan remote login. Dengan memanfaatkan SSH, maka paket data antar host akan dienkripsi (diacak) sehingga apabila “disadap” tidak akan menghasilkan informasi yang berarti bagi pelakunya.
IRC (Internet Relay Chat)
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.
Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar fileatau meninggalkan pesan. Karenanya, selainuntuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
Belakangan, dengansemakin tingginyakecepatan akses internet, maka aplikasi chatterus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).
Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
Interaksi Secara Elektronis
Akhir-akhir ini, kita cenderung semakin akrab dengan istilah-istilah semacam e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning, dan sebagainya. Huruf “E” disini mengacu pada kata “Electronic”, tapi lebih banyak digunakan dalam konteks internet. Jadi, istilah-istilah tersebut bisa dibaca sebagai Electronic Commerce, Electroni Government, Electronic Banking, atau Electronic Learning. Dalam bagian ini, kita akan membahas secara sepintas tentang hal-hal yang berkaitan dengan istilah-istilah diatas. Dalam kenyataannya, hal-hal tersebut jauh lebih kompleks sehingga tidak mungkin dibahas secara rinci dalam halaman ini.
E-Commerce
Dari namanya,kita sudahbisa menebak kalau ini berkaitan dengan kegiatan yang bersifat komersial. Tidak salah memang, karena istilah e-commerce yang akan kita bahas ini memang mengacu pada kegiatan komersial di internet. Contoh paling umum dari kegiatan e-commerce tentu saja adalah aktifitas transaksi perdagangan melalui sarana internet. Dengan memanfaatkan e-commerce, para penjual (merchant) dapat menjajakan produknya secara lintas negara karena memang sifat internet sendiri yang tidak mengena batasan geografis. Transaksi dapat berlangsung secara real time dari sudut mana saja di dunia asalkan terhubung dalam jaringan internet.
Umumnya transaksi melalui saranae-commerce dilakukan melalui sarana suatu situs web yang dalam hal ini berlaku sebagai semacam etalase bagi produk yang dijajakan. Dari situs web ini, para pembeli (customer) dapat melihat bentuk dan spesifikasi produk bersangkutan lengkap dengan harga yang dipatok. Berikutnya, apabila si calon pembeli tertarik, maka ia dapat melakukan transaksi pembelian di situs tersebut dengan sarana kartu kredit. Berbeda dengan transaksi kartu kredit pada umumnya yang menggunakan peralatan khusus, transaksi kartu kredit di internet cukup dilakukan dengan memasukkan nomor kartu kredit beserta waktu kadaluwarsanya pada formulir yang disediakan.
Di tahap selanjutnya, program di server e-commerce akan melakukan verifikasi terhadap nomor kartu kredit yang diinputkan. Apabila nomor kartu yang dimasukkan valid, maka transaksi dianggap sah dan barang yang dipesan akan dikirimkan ke alamat pembeli. Tentu saja sebelumnya saat mengisi formulir pemesanan, calon pembeli telah mengisikan alamatlengkap kemanabarang yangakan dibelinya harus dikirimkan. Harga barang yang dibeli kemudian akan dimasukkan dalam rekening tagihan dari kartu kredit yang digunakan.
Aktifitas e-commerce sebenarnya bukan melulu berkisar pada usaha perdagangan. Kalau kita rajin menjelajahi situs-situs web, kita bisa menjumpai aneka usaha yang pada intinya berusaha mengeduk keuntungan dari lalu-lintas akses internet. Ambil contoh situs lelang yang demikian populer, juga situs penyedia jasa yang mengutip online di www.ebay.com bayaran untuk nettersyang inginmenggunakan layanannya. Tidak ketinggalan pula situs-situs khusus dewasa. Bahkan untuk yang terakhir ini justeru disebut-sebut sebagai pelopor dari bisnis e-commerce.
Seperti halnya kegiatan bisnis konvensional, iklan juga memegang peranan penting dalam e-commerce. Para pengelola situs web banyak mendapatkan pemasukan dari iklan yang ditayangkan di situs web yang dikelolanya (umumnya berbentuk iklan banner atau popup window). Tengok saja Yahoo atau DetikCom sebagai contoh dimana tiap halamannya selalu dijejali oleh banner iklan yang mencolok mata. Wajar saja, sebab dari sanalah sumber pembiayaan layanan (plus sumber keuntungan) mereka berasal.
Tapi dengan makin banyaknya situs web yang muncul juga berarti semakin ketatnya persaingan. Menjaring iklan di sebuah situs web tentu saja tidak gampang. Para pemasang iklan umumnya hanya berminat memasang iklannya pada situs dengan trafik kunjungan yang tinggi. Itu artinya para pengelola situs harus berusaha memancing sebanyak mungkin pengunjung ke situs mereka. Caranya tentu saja dengan memajang contentyang beragam sehingga pengunjungbisa betah berlama-lama di situsnya–syukur-syukur kalau mereka akan balik lagi di kesempatan berikut atau lebih baik lagi apabila sampai menjadi pengunjung setia.
Sayangnya mengundang pengunjung dengan cara ini jelas butuh usaha dan biaya yang tidak sedikit, sementara itu efektifitas pemasangan banner iklan di situs web sendiri sebenarnya masih diragukan. Para pengunjung situs web umumnya datang dengan tujuan untuk mencari informasi sehingga kemungkinan besar tidak sempat melirik ke banner-banner yang terpajang di situs web bersangkutan. Alih-alih memperhatikan, para pengunjung kerap malahan merasa terganggu dengan adanya banner iklan di sebuah halaman web. Walhasil banyak situs web yang tidak mampu membiayai operasionalnya karena pemasukan dari iklan ternyata tidak mampu mengimbangi besarnya modal yang dikucurkan. Karena itulah beberapa waktu terakhir ini kita banyak melihat situs web komersial (dikenal sebagai ‘DotCom’) yang bertumbangan
E-Banking
Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Jelas banyak keuntungan yang bisa didapatkan nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, terutama bila dilihat dari waktu dan tenaga yang dapat dihemat karena transaksi e-banking jelas bebas antrian dan dapat dilakukan dari mana saja sepanjang nasabah dapat terhubung dengan jaringan internet.
Untuk dapat menggunakan layanan ini, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke situs web dimana terdapat fasilitas e-banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan melakukan aktifitas perbankan melalui situs web bank bersangkutan.
E-banking sebenarnya bukan barang baru di internet, tapi di Indonesia sendiri, baru beberapa tahun belakangan ini marak diaplikasikan oleh beberapa bank papan atas. Konon ini berkaitan dengan keamanan nasabah yang tentunya menjadi perhatian utama dari para pengelola bank disamping masalah infrastruktur bank bersangkutan.
Keamanan memang merupakan isu utama dalam e-banking karena sebagaimana kegiatan lainnya di internet, transaksi perbankan di internet juga rawan terhadap pengintaian dan penyalahgunaan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Sebuah situs e-banking diwajibkan untuk menggunakan standar keamanan yang sangat ketat untuk menjamin bahwa setiap layanan yang mereka sediakan hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak. Salah satu teknik pengamanan yang sering dugunakan dalam e-banking adalah melalui SSL (Secure Socket Layer) maupun lewat protokol HTTPS (Secure HTTP).
E-Government
Istilah ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan maraknya pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan. Walaupun namanya e-governmet, tapi jangan dibayangkan ini adalah sistem pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih diartikan secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin dapat memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau turis.
Kalau kita menengok ke situs-situs pemerintah daerah di Indonesia yang mengaku sebagai “e-government”, sebenarnya tidak ubahnya dengan etalase yang memajang data statisik, potensi wisata, dan kekayaan alam suatu daerah, dan tidak ketinggalan pula kesempatan (baca: undangan) bagi para investor untuk menanamkan modalnya di daerah bersangkutan. Content yang berkaitan dengan pemerintahan (government) sendiri malahan tidak mendapat perhatian yang cukup.
Ini mungkin hanya masalah istilah, tapi rasanya cukup mengganggu juga, khususnya kalau dibandingkan dengan aktifitas elektronik lainnya di internet yang memang betul-betul mengacu ke namanya. Namun demikian, mudah-mudahan kita juga sedang menuju ke arah yang lebih maju dalam hal pemanfaatan internet untuk keperluan pemerintahan sehingga kelak slogan e-government ini betul-betul diaplikasikan secara utuh dan bukannya sekedar sebagai “etalase” potensi daerah seperti yang sekarang kita saksikan.
Salah satu contoh penerapan e-Government dalam artian sesungguhnya dapat dijumpaidi negara tetangga kita, Singapura. Untuk penerapan e-Governement di negaranya, pemerintah Singapuratelah menjalankan proyekambisius yangdisebut eGAP (Electronic Government Action Plan). Proyek yang setiap tahapnya menyedot anggaran sebesar US$ 743 juta ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan publik secara online di negara tersebut.
Tahap pertama proyek ini telah berhasil membangun 1600 layanan publik secara online. Layanan ini tidak hanya memberi informasi, tetapi juga sanggup melakukan transaksi semacam memesan fasilitas olahraga, mendaftarkan perusahaan, membuat paspor baru, dan sebagainya. Program ini telah berhasil membuat 75 persen penduduk Singapura mulai berkomunikasi dengan birokrasi secara online via internet. Dalam proyek eGAP tahap II yang dimulai pada tahun 2003, pemerintah negara pulau tersebut mengharapkan 90 persen warga negaranya dapat berkomunikasi secara online pada 2006 nanti.
e-Learning
Istilah e-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-Learning sendiri sebenarnya sangat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik (seperti halnya situs ini) juga dapat tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.
Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas, dilakukan secara live namun virtual, artinya dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda. Dalam hal ini, secara langsung guru dan siswa tidak saling berkomunikasi, namun secara tidak langsung mereka saling berinteraksi pada waktu yang sama.
Semua proses belajar-mengajar hanya dilakukan di depan sebuah komputer yang terhubung ke jaringan internet, dan semua fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah sekolah dapat tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar monitor komputer. Materi pelajaran pun dapat diperoleh secara langsung dalam bentuk file-fileyang dapatdi-download, sedangkan interaksiantara guru dan siswa dalambentuk pemberian tugas dapat dilakukan secara lebih intensif dalam bentuk forum diskusi dan email.
Pemanfaatan e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial dengan berkurangnya biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan jika dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya dapat dikurangi, namun sebagai gantinya diperlukan biaya akses internet. Dari sisi penyelenggara, biaya pengadaane-Learning sendiri dapat direduksi,disamping jumlahpeserta didikyang dapat ditampung jauh melebihi yang dapat ditangani oleh metode konvensional dalam kondisi geografis yang lebih luas.
Namun, dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, penerapan e-Learning, khususnya di Indonesia masih menyimpan masalah, antara lain pada keterbatasan akses internet serta kurangnya pemahaman masyarakat akan teknologi internet. e-Learning juga kurang cocok untuk digunakan pada level pendidikan dasar dan menengah, khususnya karena kendala sosialisasi. Seperti kita ketahui, tujuan kegiatan belajar-mengajar di sekolah bukan hanya untuk menimba ilmu pengetahuan, melainkan juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya maupun lingkungan di luar rumah. Hal semacam ini tidak bisa didapati dalam sekolah maya via e-Learning. Disamping itu, sistem belajar jarak jauh sangatmensyaratkan kemandirian, sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tinggi maupun kursus.
Disamping beberapa sampel diatas, kita akan menjumpai lebih banyak lagi “e-” lainnya di intenet sebagai konsekuensi dari semakin banyaknya aktifitas di dunia nyata yang dapat dipindahkan dalam bentuk elektronis di internet. Namun demikian, kiranya kita semua setuju bahwa tidak seluruh kegiatan manusia dapat ditransformasikan kedalam bentuk elektronis. Manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial, dan karenanya memiliki naluri untuk bersosialisasi secara normal. Kebutuhan sosialisasi semacam ini hanya bisa dipuaskan melalui interaksi secara manusiawi, bukan melalui perangkat elektronik, seberapapun majunya tingkat perkembangan teknologi yang telah dicapai.

Jumat, 13 Januari 2012

FUNGSI MENU DALAM MICROSOFT WORD

ToolBar Menu
ToolBar Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft Word. Yang termasuk didalam ToolBar Menu seperti dibawah ini:

1.    Menu File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
a.    New : Membuat file yang baru
b.    Open : Membuka File yang pernah kita buat
c.    Close : Menutup file yang sedang kita buka
d.    Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
e.    Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
f.    Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g.    Web page Preview : Preview halaman web
h.    Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i.    Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j.    Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
k.    Sent To : Mengirimkan dokumen
l.    Properties : Melihat detail
m.    Exit : Keluar dari Program Word

2.    Menu Edit

Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
a.    Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b.    Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c.    Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
d.    Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e.    Clear : Membersihkan
f.    Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g.    Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
h.    Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i.    Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j.    Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
k.    Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat

3.    Menu View

Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
a.    Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b.    Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
c.    Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
d.    Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
e.    Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
f.    Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
g.    Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
h.    Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i.    Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

4.    Menu Insert

Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
a.    Break : Berganti Halaman
b.    Page Number : Penomoran halaman
c.    Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
d.    Symbol : Menyisip suatu simbol
e.    Footnote : Membuat catatan kaki
f.    Picture : Menyisip gambar
g.    Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
h.    Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
i.    File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
j.    Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja

5.    Menu Format

Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
a.    Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b.    Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c.    Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d.    Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
e.    Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f.    Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g.    Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h.    Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
i.    Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
j.    Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k.    Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l.    Styles and Formatting : Memformat jenis huruf

6.    Menu Tools

Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
a.    Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b.    Research :Mencari dokumen tertentu
c.    Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d.    Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e.    Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
f.    Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum

7.    Menu Table

Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
a.    Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b.    Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c.    Delete : Menghapus tabel, baris dll
d.    Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e.    Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f.    Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g.    Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h.    Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i.    Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
j.    Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k.    Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l.    Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
m.    Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n.    Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel

8.    Menu Windows

Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
a.    New Window : Membuat lembar kerja window baru
b.    Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c.    Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian

9.    Menu Help

Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
a.    Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah

Toolbar Standart
a.    New Blank Document : Membuat file yang baru
b.    Open : Membuka file yang telah disimpan
c.    Save : Menyimpan dokumen
d.    Permission : Menentukan izin akses dokumen
e.    E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
f.    Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
g.    Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h.    Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i.    Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j.    Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
k.    Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l.    Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
m.    Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n.    Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o.    Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p.    Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q.    Insert Table : Menyisip tabel
r.    Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s.    Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
t.    Drawing : Menampilkan menu Drawing
u.    Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
v.    Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
w.    Help : Menampilkan Bantuan
x.    Read : Membaca dokument halaman per halaman

ToolBar Formatting
a.    Styles and Formating : Memformat huruf
b.    Style : Jenis jenis huruf
c.    Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d.    Font Size : Ukuran huruf
e.    Bold : Menebalkan huruf teks
f.    Italic : Membuat Teks menjadi miring
g.    Underline : Menggaris bawahi Teks
h.    Align Left : Perataan Kiri
i.    Center : Perataan tengah
j.    Align Right : Perataan kanan
k.    Justify : Perataan kiri-kanan
l.    Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
m.    Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
n.    Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
o.    Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
p.    Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
q.    Outside Border : Membuat border pada teks
r.    Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s.    Font Colour : Mengatur Warna teks

Drawing ToolBar

Drawing ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar, Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb.
a.    AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
b.    Line : Menggambar garis
c.    Arrow : Menggambar Anak Panah
d.    Rectangle : Menggambar Kotak
e.    Oval : Menggambar Lingkaran
f.    Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
g.     Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
h.     Insert Diagram : Menyisip Digram
i.      Clip Art : Membuat gambar
j.      Insert Picture : Menyisip gambar
k.     Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
l.      Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
m.    Font Color : Merubah warna huruf
n.    Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
o.    Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis putus-putus
p.    Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garis
q.    Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
r.    3-D Style : Membuat efek 3 Dimensi pada objek gambar



Kamis, 12 Januari 2012

MICROSOFT OFFICE OUTLOOK

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari Microsoft Office suite. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.
Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment surat-e. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.

Rabu, 11 Januari 2012

MEMAHAMI CARA MENGGUNAKAN FACEBOOK

Memahami Cara Menggunakan Facebook Dengan Cara Memahami interface Facebook (dasar)

oleh Fi

Setelah membuat account Facebook kemarin, lalu apa yang akan kita lakukan selanjutnya?
Tentu saja menggunakan Facebook-nya kan? ;)
Oke deh. Sekarang kita akan membahas antarmuka Facebook, “memahami apa saja yang ada” pada facebook ini. Sekarang, kami akan masuk ke account facebook kami. Ini lah tampilan halaman facebook setelah login :
Tampilan Home Facebook
Tampilan Home Facebook
Ada dua elemen dasar yang selalu ada di setiap halaman facebook :

Menu Utama di atas halaman, elemennya (dari kiri ke kanan) :

  • Home - link menuju halaman home / utama
  • Profile - link menuju profile anda
  • Friends - link menuju halaman berisi daftar teman anda, lengkap dengan status update-nya
  • Inbox - link menuju kotak pesan pribadi anda. Anyway, jika ada pesan baru di inbox anda, sebuah popup berisi jumlah pesan baru yang masuk dan belum terbaca akan muncul.
  • Nama Anda – Link menuju halaman profile anda, seperti link profile
  • Settings - Link menuju halaman pengaturan, dimana anda bisa men-setting account facebook anda, mulai dari merubah data pribadi, menambah atau meninggalkan networks, pengaturan notifikasi (e-mail yang dikirim ke alamat anda berisi update kegiatan account facebook anda), pengaturan dan pengaturan facebook mobile, dan pengaturan bahasa
  • Logout - Link untuk sign out dari facebook
  • Form pencarian - Well, tidak perlu disebutkan lagi kan? ;)
Lalu, Satu elemen lagi yang pasti ada di tiap halaman facebook :

menu aplikasi yang “menempel” di bagian bawah browser (dari kiri ke kanan)

  • Application box – berisi daftar aplikasi yang di bookmark / terinstall dengan account facebook anda. Klik box ini, maka daftar aplikasi tersebut akan muncul, seperti ketika anda meng-klik icon start di sudut kiri bawah windows
  • 5 bookmarked application icon – ikon 5 aplikasi teratas yang anda bookmark. Untuk menentukan 5 ikon yang akan tampil di menu aplikasi anda, cukup dengan klik appliaction box yang paling kiri itu, lalu di drag and drop ke urutan 5 dari atas, di bawah title bookmarks. Jika anda mengklik icon tersebut, anda akan dibawa ke halaman applikasi tersebut
  • Facebook Chat ( Online Friends ) - Di sebelah kanan, ada aplikasi facebook chat yang menunjukan ada berapa teman dalam friendlist anda yang sedang terhubung dengan facebook dan bisa anda ajak chatting via facebook chat. Klik, sebuah list berisi daftar teman akan muncul, terus klik seorang teman untuk diajak chat. lalu chatting. Easy, right? ;)
  • Notification - klik, maka sebuah daftar berisi notifikasi aktifitas terakhir yang berhubungan dengan anda akan muncul . Sangat bermanfaat, seperti melihat apakah ada seseorang yang mengisi dinding anda, dll.
  • Chat Setting - Untuk mengatur profile chatting anda. seperti membuat fitur chat berada di halaman sendiri yang terpisah agar lega, atau ingin berselancar di facebook tapi offline di facebook chat? bisa diatur disini :
Yep, itu tadi dua elemen yang selalu muncul di setiap halaman facebook. Sekarang, elemen yang ada di halaman HOME, halaman pertama yang terbuka setelah login ke facebook :

Status Updates

Seperti Shout pada friendster, namun lebih berguna. Ketika anda menupdate status anda, status yang lama tidak hilang begitu saja melainkan “diarsipkan” dan masih bisa diakses. Makanya kalau bercandaan kami sih, ini fitur microblogging-nya facebook. :D
Feed yang berlokasi di “area utama” halaman home, dibagi kedalam beberapa tab, berdasarkan tipenya

News Feed

Feed aktifitas anda dan teman – teman yang ada di friendlist anda. Misalkan seorang teman anda baru saja menambahkan seseorang ke dalam friendlistnya, anda akan mengetahuinya karena “berita aktivitas-nya” akan muncul disini. Salah satu lahan promosi anda nih ;)

Status Updates (Feed-nya)

Ini dia twitter dalam facebook. LOL di tab ini, anda dapat mengetahui status terakhir dari teman – teman yang berada di friendlist anda, dan memberikan komentar kepada status mereka.

Photos

Feed dari aktivitas foto album anda dan teman – teman dalam friendlist anda. Upload foto terbaru, atau teman anda dan anda yang di tag ke dalam satu album

Posted Items

Feed item – item yang dipost oleh teman anda. (mulai saat ini, teman – teman dalam friendlist kami singkat menjadi teman ada. agar tidak capek membacanya :P ). Link, Notes, Photos, Videos, pokoknya item yang dipost, pemberitahuannya ada disini.

Live Feed

Kurang lebih seperti News Feed, bedanya konetn Live Feed lebih ke aktifitas terakhir yang di lakukan teman anda

icon more

Belum cukup dengan feed – activity yang ada> Anda bisa menambahkan feed berisi kabar aktifitas lainnya di facebook! :D
Sekarang kita bergerak ke sidebar :

Request

Jika ada permintaan, entah permintaan menjadi teman atau ajakan menggunakan aplikasi terbaru, akan anda dapati “peringatan”nya disini

Application

Link menuju halaman Application yang anda bookmark.

Invite Your Friends

Kesepian di facebook? Undang teman – teman anda yang masih mendiami the old frienster dengan mengirimkan e-mail undangan anda. Klik, masukan alamat e-mail teman-teman anda, dan biarkan facebook mengirimkan mereka undangan bergabung

Pokes

poke, arti harafiahnya “colek”. coba lihat profile teman anda, di bawah avatar utamanya. Misalkan nama teman anda Anto, ada link “poke Anto”? Yep, poke merupakan fitur untuk itu. Misalkan anda mengunjungi profile seseorang, dan sekedar ingin memberitahukan pemilik profile tersebut bahwa anda mengunjungi profilenya, dari pada post wall yang tidak nyambung lebih baik di “poke”. Pokes yang ada di halaman home ini menunjukan orang – orang yang mem-poke anda

Birthdays

Sesuai namanya, mengabarkan jika anda teman anda yang berulang tahun

People You May Know

Aplikasi yang menganalisa jaringan friendlist anda, merekomentasikan orang lain yang mungkin anda kenal berdasarkan hal tersebut.
Oke, itu dia halaman HOME. Sekarang masuk ke halaman PROFILE. Tampilan halaman PROFILE :
Tampilan halaman profile facebook
Tampilan halaman profile facebook
Menu utama di atas dan menu aplikasi yang menempel di bawah browser tetap sama, namun kontennya berbeda. Garis besarnya, kita dapat mengatakan bahwa halaman profile facebook ini terdiri dari tiga kolom :
  • Kolom sidebar di sebelah kiri
  • Kolom utama yang berada di tengah
  • Kolom advertise di sebelah kanan
Kolom paling kiri berisi avatar utama, link kirim pesan, personal information, daftar teman, dan aplikasi – aplikasi yang ditampilkan di profile
Kolom di tengah berisi “main content” dari halaman profile yang disajikan dalam bentuk tab : Tab Wall yang berisi update status dan feed kegiatan anda sendiri, Tab Info yang berisi informasi personal mengenai diri anda, Tab Photos yang berisi foto yang anda upload DAN foto orang lain yang di tag dengan nama anda, serta foto – foto yang dikumpulkan menjadi photo album, tab boxes yang berisi aplikasi yang anda bookmark, dan tab + untuk menambahkan tab baru di profile anda
Kolom di sebelah kanan, berisikan advertising.
Yep, itu dia pengenalan dasar halaman PROFILE. Untuk pengenalan antarmuka, kami kira semua hal yang essensial terdapat di dua halaman ini : Home, dan profile. Profile anda dan profile orang lain tentu saja. halaman yang lain lebih bersifat komplementer.
Posting ini terasa dangkal? Yep, seperti yang sudah di jelaskan di awal, pada bagian ini kita hanya akan membahas ANTARMUKA / INTERFACE nya saja. Stay tune di Bloggingly, setelah satu lagi pembahasan “basic” mengenai Facebook, postingan in depth akan segera kami publikasikan

P.S. :

Tulisan ini merupakan bagian dari tema pembahasan bloggingly pekan ini : “Facebook untuk Blogging : Memberdayakan Facebook untuk Mendukung Kegiatan Blogging Anda”. Untuk melihat artikel lain dalam pembahasan ini, silahkan jelajahi tag Facebook di blog ini, atau melalui trackback di artikel awal topik pembahasan facebook untuk blogging ini.
Enjoy! :D

Selasa, 10 Januari 2012

MENGGUNAKAN INTERNET SECARA CERDAS

14 Tips Menggunakan Internet Secara Cerdas

Beberapa hari terakhir ini, isu internet dengan jejaring sosial-nya menyeruak ke permukaan. Beberapa remaja putri dikabarkan hilang dan diculik setelah bertemu dengan teman barunya melalui situs jejaring sosial. Begitu merusakkah internet? Tentu tidak.
Internet adalah sebuah alat, yang tergantung bagaimana dan untuk apa kita menggunakan alat itu. Berikut tips bagaimana menggunakan internet secara cerdas sehingga bermanfaat bagi kehidupan.
Berikut ini 14 Tips Berinternet Secara Cerdas:
  1. Internet adalah gudang ilmu, gunakan semaksimal mungkin untuk mencari informasi yang menunjang pelajaran, kuliah, penelitian, pekerjaan dan hal-hal yang mencerdaskan lainnya.
  2. Jangan mengumbar atau memberikan data diri Anda dengan mudah di Internet, sebab data diri Anda bisa saja disalahgunakan pihak lain.
  3. Internet bersifat anonimous, mengaku perempuan tapi lelaki, bernama X tapi ternyata Y, tinggal di kota A tapi sesungguhnya di B, sehingga jangan percaya begitu saja akan informasi yang disampaikan.
  4. Jejaring sosial seperti Facebook, Friendster, Twitter, My Space dan sebagainya baik untuk mempererat tali silaturahmi, berdiskusi akan banyak hal, tapi gunakanlah secara bijak, atur waktu mengakses agar tetap produktif dan jangan sembarangan menerima ajakan ”kopi darat”/bertemu dengan orang yang belum dikenal.
  5. Internet mempermudah transaksi bisnis, perbankan maupun jual-beli barang, untuk itu gunakan transaksi dengan tingkat security yang aman, berhati-hati dengan nomor kartu kredit, PIN e-banking, sebab penjahat internet siap mengintai setiap saat.
  6. Bagi orang tua, dampingi putra-putri saat mengakses internet dan berikan penjelasan serta batasan apa saja yang boleh diakses.
  7. Untuk membatasi putra-putri yang di bawah umur mengakses situs pornografi.pornoaksi, gunakan program-program filter (seperti netnanny, K9 web protection) di komputer sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja.
  8. Saat ini, koneksi internet Indonesia yang terhubung ke luar negeri memerlukan kapasitas lebar pita yang besar, untuk itu utamakan membuat dan mengakses konten-konten lokal dan tidak mendownload file-file yang tidak perlu dari situs di luar negeri.
  9. Selalu log out setelah Anda log in suatu aplikasi maupun transaksi apapun. Keadaan tetap log in beresiko jika ada pihak lain yang kemudian melanjutkan aplikasi maupun transaksi terutama untuk akses internt di tempat umum seperti Warnet.
  10. Bahasa tulis berbeda dengan bahas lisan, sehingga gunakanlah tata bahasa yang baik dan tidak menimbulkan salah pengertian pihak lain. Kalaupun dirasa ada yang tidak pas dengan bahasa yang tertulis, pemakluman diperlukan mengingat tingkat pendidikan dan pengalaman yang berbeda ataupun kesulitan dalam menerjemahkan bahasa lisan ke tulisan, apalagi internet terutama dengan booming jejaring sosial, masih merupakan ”mainan’ baru bagi kita semua.
  11. Internet bukan wilayah bebas tanpa hukum, dimana kejahatan yang dilakukan secara off line (tradisional) kemudian beralih dengan memanfaatkan teknologi informasi (online) kini juga dapat diproses secara hukum. Penjahat cyber seperti cracker, carder, pencuri data/informasi elektronik kini juga dapat dijerat secara hukum. Begitu juga bagi pihak-pihak yang melakukan penipuan, pemerasan, atau penghinaan/pencemaran nama baik secara online.
  12. Perhatikan soal hak cipta saat menyalin (copy-paste) maupun menyebarkan tulisan, gambar atau video dari pihak/situs lain agar tidak ada tuntutan dikemudian hari.
  13. Tidak memproduksi maupun menyebarkan spam, virus, HOAX, termasuk juga gambar/foto pornoaksi dan pornografi, terutama pornografi anak.
  14. Karena akses internet berbiaya, terutama yang menggunakan waktu (seperti dial up ataupun di warnet-warnet) maupun volume, maka gunakan internet seperlunya agar biaya tidak membengkak. Kalaupun bersifat unlimited, tetap matikan akses jika sudah tidak dipakai agar jika ada pengguna lain yang ingin menggunakan, mendapatkan kualitas layanan yang seperti diharapkan.